Kumpulan ciri ciri penipu dari waktu ke waktu yang wajib diingat

Pernahkah kalian mengamati karakter penipu?
Jika kalian memperhatikan karakteristik pelaku penipuan, mereka memiliki pola yang sama.
Oleh karena itu saya membuat artikel ‘ciri ciri penipu dari waktu ke waktu yang wajib diingat

dengan harapan kita dapat belajar mengenali ciri ciri orang penipu, khususnya modus penipuan lewat telepon.

 

Pada dasarnya semua modus penipuan baik kasus penipuan online di marketplace atau bukan, yang menggunakan telepon memiliki pola sebagai berikut:

 

1.Ciri ciri orang penipu

1.Rekayasa sosial yang dibuat penipu

Ciri ciri orang penipu uang, mereka sangat pandai mengelabui kita agar percaya pada cerita yang mereka buat, itulah yang disebut rekayasa sosial.

 

Dalam ceritanya mereka selalu berpura – pura bekerja di suatu instansi, seperti pegawai bank, pegawai pajak, polisi, CS marketplace dan lain – lain.

 

Dalam banyak kasus modus penipuan telepon, panggilan telepon yang sedang kita terima akan di oper oper ke beberapa orang, yang tak lain kawanan penipu yang sedang berakting dengan perannya  masing masing.

 

Bahkan berpura – pura menjadi kenalan kita, penuh percaya diri dan berusaha meyakinkan korban bahwa mereka memiliki peranan penting di instansi tersebut.

 

menghindari penipuan

 

READ  5 Rahasia agar tak tertipu beli laptop bekas online [Pengalaman]

2.Penipu selalu menguasai pembicaraan

Ciri – ciri penipu lainnya, mereka sangat pandai bicara seperti penjual obat, bicara tanpa henti dengan nada bicara yang cepat, menguasai pembicaraan hingga tak memberikan waktu kita untuk berkomentar.

 

 

3.Manipulasi psikologis oleh penipu

Ciri ciri orang penipu lainnya, mereka sangat pandai memainkan psikologis kita sejak awal menelpon.

 

Membuat kita senang dengan iming – imingan hadiah atau membuat kita berempati untuk menolong jika penipu tersebut berpura – pura sebagai korban, sehingga tak jarang membuat kita panik untuk segera melakukan sesuatu.

 

4.Karakter penipu menekan psikologis korban

Karakter penipu selanjutnya, mereka akan memaksa dan mendesak kita memberikan data pribadi seperti tanggal lahir, username, password, kode OTP dan lain – lain dengan seribu alasan,

 

Bahkan meminta kita mentransfer sejumlah uang, dengan janji manis berusaha meyakinkan kita bahwa hadiah tersebut pasti kita dapatkan, atau uang tersebut pasti dikembalikan jika modus penipuannya meminjam.

 

Mereka selalu mendesak agar kita bergerak cepat melakukan hal yang mereka minta dengan membuat kita panik dan kehilangan nalar logika.

 

Disisi lain mereka selalu mengarahkan kita untuk pergi ke ATM terdekat, atau melakukan transaksi via mobile banking atau internet banking untuk mentranser sejumlah uang ke rekening mereka.

 

Memberikan waktu yang sangat singkat dalam hitungan menit, membuat kita panik agar segera mengambil keputusan. itulah manipulasi psikologis yang dilakukan para penipu, terus membujuk memberikan kita harapan. 

 

cara menghindari penipuan lewat telepon

 

5.Karakter penipu mengintimidasi korban

Ciri ciri penipu selanjutnya jika uang tersebut tidak di transfer, atau uang tersebut sudah di transfer,
mereka akan meminta di transfer kembali dengan jumlah lain dan dengan alasan lain.

 

Kali ini jika kita tidak menuruti keinginan mereka, kita akan di intimidasi atau di takut – takuti
seperti, telepon kita sedang di sadap jika memberitahukan ke pihak lain.

 

Akun kita akan ditutup, rekening kita akan di blokir sementara, atau uang yang telah masuk akan hangus jika kita tak bisa di ajak bekerja sama.

READ  Cara jual barang dan pasang iklan di OLX, gratis dan cepat laris!

6.Karakter penipu menelpon berkali – kali

Karakteristik pelaku penipuan yang lain, mereka akan menelpon berkali – kali, hingga puluhan kali jika keinginan mereka belum tercapai, sehingga kita harus mem-blok nomor telepon mereka.

 

2.Cara menghindari penipuan lewat telepon

Jika kita dalam keadaan panik, tertekan, dan diintimidasi pelaku dengan ciri ciri diatas, segeralah tutup telepon tersebut.

 

Tarik nafas panjang dan cobalah bersikap tenang, telepon lah kerabat atau teman terdekat mengenai perihal tersebut.

 

Karena mereka dapat membantu menjernihkan pikiran kita, dengan menunjukkan apakah transaksi keuangan tersebut tampak mencurigakan.

 

Jika penipu mengaku – aku sebagai kerabat atau kenalan, mintalah bukti berupa photo atau berikan pertanyaan khusus untuk mengkonfirmasi kebenaran tersebut, karena hal itu bisa saja penipuan lewat telepon yang mengaku teman.

 

READ  Ini bahayanya belanja online tanpa proteksi gadget!

3.Cara mengatur keuangan pribadi agar terhindar dari penipuan

Tips keuangan kali ini adalah cara cerdas mengatur keuangan pribadi untuk meminimalisir kehilangan uang lebih tepatnya, baik karena penipuan online atau kasus kejahatan lainnya.

 

Karena terkadang kejahatan penipuan terjadi tanpa terelakkan, seperti penipuan hipnotis atau kejahatan lainnya, seperti penodongan atau penganiayaan yang mengharuskan korbannya memberikan pin ATM atau password mobile banking.

 

Seperti banyak kasus kejahatan yang kita lihat diberita, dimana seseorang kehilangan semua uangnya karena kasus penipuan.

 

penipu ulung

 

Caranya:

  • Biasakan mengisi saldo e-wallet seperlunya, jangan terlalu besar.
  • Biasakan memiliki dua rekening tabungan di bank berbeda.

Kita sebut saja rekening A adalah rekening utama dan rekening B untuk belanja kebutuhan sehari – hari.

 

Simpan ATM A di rumah, sehingga yang ada di dompet hanyalah ATM B.

 

Hanya instal aplikasi mobile banking B di handphone yang kalian bawa, sedangkan aplikasi mobile banking A di hp yang berbeda atau di hp anggota keluarga lain, contoh ibu.

 

Pilihan lain hanya gunakan internet banking rekening A di komputer pribadi, sehingga orang lain tak tahu jika kita mempunyai rekening utama.

 

Dan saat kita ingin mentransfer uang dalam jumlah besar, kita akan berpikir dua kali apakah uang tersebut benar benar dibutuhkan karena membutuhkan waktu untuk mentransfer.

 

Semoga artikel ini bermanfaat dan silahkan di share agar keluarga, kerabat dan orang di sekeliling kita terhindar dari penipuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *